Earphones – Hati-hatilah menggunakannya!

Kita sering menyangka bahwa lebih aman menggunakan earphone ketimbang kita menyetel musik melalui speaker. Nah artikel ini membahas, bahayanya menggunakan earphone! Apalagi dengan tingkat dB yang tinggi.

Earphones

Jika kita melihat kepada sejarah dari diciptakannya earphones tidak lain adalah bahwa earphones diciptakan oleh manusia agar kita bisa mendengarkan musik tanpa orang lain terganggu oleh suara musik yang sedang kita dengarkan. Ada beberapa diantara kita yang bingung membedakan antara earphones, earplug dan headphone, dan ketiga-tiganya memang sangatlah berbeda. Nah untuk earphone kita lihat seperti apa gambarnya dibawah ini..

earphone

nah kalau earphones bedanya dengan earplug, kita lihat dahulu seperti apa sih penampakan dari earplug itu, dapat kita lihat dibawah ini..

earplugs

Nah bedanya apa sih antara earphones dengan earplug? Bedanya adalah kalau earphones dia ada speakernya sehingga kita bisa mendengarkan musik bila earphones tersebut kita masukan ke telinga kita, sedangkan kalau earplug itu hanyalah penyumbat ditelinga kita, yang fungsinya untuk mengurasi kekerasan suara yang kita dengar, misalkan teman-teman drummer sedang bermain drum dan untuk melindungi telinga teman-teman dari suara drum yang keras, maka teman-teman drummer memakai earplug dan bukannya earphones kecuali jika teman-teman ingin mendengarkan lagu. Nah sekarang kita lihat penampakan dari headphone dibawah ini seperti apa..

kalau headphone biasanya digunakan dikepala kita, dimana earphone dengan headphone sama-sama ada speakernya sehingga kita bisa mendengarkan musik darisitu.

sony-headphone

Kekerasan yang Sanggup dihasilkan Earphones

Pada umumnya earphones mampu mengeluarkan suara maksimum 120 dB untuk seluruh rentang frekuensi yaitu 16Hz-16KHz. Kecenderungan banyak orang adalah menyetel kekerasan volume earphonesnya diangka 95-100 dB ketika mendengarkan musik. Pada dasarnya, pilihan-pilihan ukuran volume ini sangat tergantung oleh situasi sekitarnya. Seseorang akan cenderung manaikkan volumenya untuk menghindari suara-suara disekitarnya yang mengganggu. Dalam dunia akustik teknik ini disebut sebagai sound masking yaitu menurunkan tingkat dengar suara-suara yang tidak diinginkan dengan menghadirkan suara yang tidak mengganggu dengan intensitas yang lebih tinggi sehingga terjadi kenaikan ambang batas dengar untuk suara-suara tertentu. Hal ini tentu saja membantu meningkatkan konsentrasi seseorang dalam menikmati obyek hiburan yang menjadi perhatiannya tampa khawatir tergangguoleg suara-suara diluar obyek hiburan yang sedang dinikmati. Semakin jelek kualitas earphones yg kita gunakan dengan ciri memiliki seal yang kaku dengan desain enclosure yang berada di area daun telinga (pinna) umumnya orang akan semakin meninggikan volume suaranya untuk mengkompensasi ambient noise/background noise disekitarnya. Jadi jangan heran, kita bisa mendengar musik yang dikeluarkan oleh earphones dari penumpang yang duduk disebelah kita pada waktu naik angkot. Bisa dibayangkan berapa dB kira-kira suara yang diterima oleh telinga orang tersebut. Masalah pengaturan volume ini juga dipengaruhi oleh kebiasaan. Misalnya pemilihan rentang volume tinggi telah menjadi hal yang wajib bagi mereka yang masuk golongan Loud Music Dependency Disorder (LMDD).

Tingkat Aman Telinga Manusia Terhadap Earphones

Berdasarkan penelitian manusia akan aman mendengar pada tingkat 85 dB dalam waktu maksimum 8 jam yang dikenal sebagai dosis suara yang dianjurkan. Tetapi ukuran ini hanyalah ukuran awal dan perlu melihat lebih dalam mengenai kandungan frekuensi dari sebuah suara yang sedang didengar, yang pada umumnya memiliki dominasi pada frekuensi-frekuensi tertentu. Pada prinsipnya manusia dianjurkan untuk menghindari suara-suara dengan tingkat intensitas yang tinggi pada frekuensi tinggi yaitu diatas 4000 Hz, mengingat pada frekuensi-frekuensi tersebut bagian dari telinga kita yang disebut cohlea yang berisi rambut-rambut getar untuk menyampaikan informasi ke otak, rentan akan kerusakan. Sebagai pembanding, frekuensi-frekuensi ini banyak muncul pada jenis-jenis musik dengan beat tinggi seperti musik rock yang didominasi permainan nada-nada pada frekuensi tinggi. Untuk membayangkan kira-kira berapa dB suara yang sedang kita dengar, sebagai pembanding misalnya suara orang berbicara normal adalah 60-70 dB, suara flushing toilet 75-85 dB, konser musik Rock 100-120 dB. Dari berbagai survei menunjukkan makin meningkatnya jumlah remaja atau orang muda yang memiliki gangguan pendengaran akibat berlebihan didalam pengguaan earphone. Sebagai tambahan kita mengenal yang namanya threshold of pain atau ambang batas pendengaran manusia, yaitu diangka 120dB, sederhananya adalah ketika telinga kita merasakan sakit, berarti musik atau suara yang kita dengar sudah mencapai angka 120dB.

Melindungi Telinga Kita dari Earphones

Pada akhirnya untuk melindungi telinga kita yang berharga perlu usaha dengan memilih minimal salah satu pendekatan yang tersedia. Pilihan pertama yaitu memilih teknologi yang concern dengan keamanan dan kesehatan telinga kita tentunya dengan mengeluarkan kocek yang lebih tinggi. Pilihan lainnya yaitu menggunakan earphones/portable music player kita dengan bijaksana yaitu kalau memang diperlukan dan ini membutuhkan kesadaran dan disiplin yang baik dari masing-masing kita. Apalagi saat ini para produsen telah banyak mengeluarkan produk-produk speaker stereo sebagai aksesoris pelengkap sekaligus untuk memberikan alternatif mendengarkan musik tanpa harus harus selalu menggunakan earphones. Maka memanfaatkannys tentu tidak ada salahnya demi menjaga kualitas hidup untuk masa depan yang lebih baik, minimal sambil menunggu teknologi-teknologi semacam itu sesuai dengan kocek kita tidak ada salahnya menggunakan gadget kita secara aman dan sehat sesuai anjuran para ahli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s