Restoran De Leuit – Restoran Lumbung Padi

Menu andalannya berupa nasi yang dikukus dengan bumbu, petai, dan ikan jambal.

Buitenzorg atau Bogor, sebutan masa kininya. Artinya, tanpa kecemasan atau aman tenteram. Dikaruniai alam yang sejuk, Bogor sering menjadi tujuan wisata penduduk Jakarta.

Etnis asli penduduk Bogor adalah Sunda. Dalam perkembangan modern, kini Bogor telah dihuni berbagai etnis, diantaranya Jawa dan Cina. Padanan berbagai etnis tersebut memperkaya jenis kuliner di kota Bogor. Perpaduan rasa dari kuliner Sunda, Jawa, dan Cina dapat ditemukan di restoran De Leuit. Restoran ini terletak tak jauh dari pintu tol Jagorawi, gerbang tol Bogor.

Arti De Leuit

De Leuit berarti ‘lumbung padi’ Dalam bahasa sunda, leuit ada dua macam, yaitu leuit ageung(besar)dan leuit alit(kecil). Di leuit ageung tersimpan padi milik masyarakat satu dusun, sedangkan di leuit alit tersimpan padi milik keluarga. Konsep leuit sudah menjadi tradisi adat sunda secara turun menurun.

Restoran De Leuit selalu ramai pengunjung. Rasa masakan di restoran ini memanjakan lidah dan harganya pun cukup rasional. Meski ramai, daya tampung restoran ini besar. Pengunjung dapat memilih lokasi duduk yang sesuai untuk berbagai keperluan. Duduknya bisa bergaya lesehan atau di kursi. Taman bermain dan tempat parkir luas pun melengkapi fasilitas restoran ini.

Menu Khas Restoran De Leuit

Menu yang khas dari restoran lumbung padi ini adalah nasi jambal. Nasi ini berupa nasi putih yang dikukus dengan bumbum, petai, dan ikan jambal. Dalam sepiring menu nasi jambal terdapat lauk pauk, seperti bakwan jagung, tahu yang lembut, krecek oncom, lalap sambal, dan pilihan lauk, berupa ayam, daging, atau ikan balita.

Ikan Balita Restoran De Leuit

Ikan balita adalah istilah untuk ikan mas yang dipanen saat masih berusia antara 30 sampai 45 hari. Normalnya, ikan mas dewasa dipanen pada usia 90 hari atau tiga bulan. Ikan balita yang digoreng garing dan renyah dapat disantap sebagai lauk atau cemilan. Di restoran Lumbung Padi ini ikan balita disajikan bersama dengan nasi, lalapan, dan sambal. Sensasi segar khas menu sunda pun muncul dengan tambahan semangkuk sayur asem. Selain menu nasi jambal, restoran De Leuit memiliki menu beragam. Diantaranya, ada nasi timbel kasohor, dan nasi rames kahoyong. Kalau tidak suka ikan asin, cicipi menu kuliner Cina atau sea food disini. Ayam saus mentega, ayam saus padang, sapi lada hitam, tumis baby kalian, serta aneka sapo tahu bisa dipilih. Penyuka ikan pun dapat mencicipi gurame spesial, gurame saus karimata, gurame saus Thailand, atau gurame asam manis.

Udang Mayones Restoran De Leuit

Udang mayones menjadi favorit pengunjung anak-anak karena rasanya yang renyah, empuk, gurih dan manis. Pun tersedia soto kikil Bogor yang khas. Bumbu sotonya pas. Daging kikilnya bersih dan lembut. Sebagai penutup, cicipi berbagai minuman unik. Misalnya saja, mencoba es bir kocok. Minuman ini halal karena bebas alkohol. Terbuat dari jahe dan gula merah ditambah kayu manis sebagai pewanginya. Atau, es pala yang segar. Konon, minuman es pala sudah dinikmati sejak jaman Belanda dulu. Bahan dasarnya adalah pala, gula, garam, es batu, dan air. Selain itu seruput juga aneka milk shake, jus, dan es, seperti es kelapa atau cendol. Semuanya tersaji dalam komposisi yang pas.

Restoran De Leuit
Jl. Pakuan No.3
Bogor, Jawa Barat 16143
Telpon : (0251)8390011
e-mail : de_lauit@yahoo.com

Restoran De Leuit ini menyajikan menu Sunda, Jawa, juga masakan Cina dan hidangan laut. Buka dari hari Senin hingga hari Minggu dari pukul 09.30 hingga 21.30 WIB. Harga untuk makanannya bervariasi dari Rp 10ribu hingga Rp 70ribu per porsi dan minuman dari Rp 2ribu hingga Rp 20ribu. Kapasitas pengunjung mencapai 500 orang. Tersedia dua lantai dengan model lesehan dan kursi. Fasilitas umum yang dimiliki berupa arena bermain, meeting room, mushalla, parkir, reservasi, saung lesehan, taman dan juga free wifi.

One thought on “Restoran De Leuit – Restoran Lumbung Padi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s