Cara Membuat Ketupat

cara-membuat-ketupatKali ini saya akan sedikit sharing mengenai cara membuat ketupat, kebetulan saya juga sudah membuat videonya mengenai bagaimana kita membuat ketupat ini agar teman-teman bisa mendapat gambarannya seperti apa. Ketupat yang saya ajarkan disini adalah bentuk ketupat yang jajaran genjang atau kita mengenalnya dengan nama belah ketupat. Jadi bukan jenis ketupat yang segi enam yang seperti berlian itu.

Cara pertama sebelum kita membuat ketupat yang harus kita lakukan adalah membeli janurnya. Ya iyalah! Masa membuat ketupatnya pake kertas? Hehehe.. Nah biasanya kalau kita membeli janur di pasar, biasanya sih menjelang lebaran banyak sekali yang jualan janur ini. Buat teman-teman yang bingung janur itu apa, janur itu adalah daun kelapa yang masih muda yang warnanya masih kuning dan belum hijau.

Nah kemudian barulah kita potong menjadi satu per satu. Nanti satu daun itu bisa ada dua buah, dan dari situ nanti kita akan mulai membuat ketupatnya dari janur yang sudah kita potong-pontong tadi. Untuk membuatnya menjadi dua, nanti teman-teman bisa menggunakan pisau atau bisa menggunakan tangan sendiri untuk membuatnya menjadi dua.

Nah setelah itu barulah kita mulai lilitkan pada tangan kita. Dengan satu ujung yang mengarah ke atas, nanti kita ukur terlebih dahulu, biasanya kalau sudah sering membuat ketupat nanti teman-teman akan terbiasa dan sudah pake perasaan aja dalam mengukurnya. Ternyata membuat ketupat itu juga harus melibatkan perasaan juga ya? Iya dong apalagi nanti ketika memasaknya, biasanya yang menggunakan perasaan pastinya rasanya juga lebih enak ketimbang yang tidak menggunakan perasaan! Hehehe..

Setelah itu langkah pertama kita lilitkan ke dalam ke luar dan ke dalam, kemudian untuk lilitan kedua yang kita lakukan adalah dari luar ke dalam dan ke luar, dan terakhir dari dalam ke luar dan ke dalam. Baru setelah ini nanti kita pegang dengan menggunakan jari manis kita, intinya, yang itu jangan dilepas karena kalau dilepas akan repot lagi, dan dari yang sekarang sudah terlihat bentuk kerangka dari ketupat yang kita akan buat.

Nah selanjutnya sih kalau menurut saya teman-teman bisa menonton video di bawah ini karena lebih detail dan lebih jelas, langsung praktek, jadi teman-teman tidak bingung di dalam menerjemahkan kata-kata dari saya di atas. Kalau begitu langsung kita simak aja ya videonya di bawah ini..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s