Belajar Dari Orang Jepang

Blog Iman Prabawa – Hari ini saya muterin seharian muterin Jogja, kita berkunjung ke Universitas Gajah Mada, kemudian lanjut ke Universitas Sunan Kalijaga. Saya kali ini bersama dengan orang Jepang, dimana mereka ini berniat untuk membuat Global Management College atau disingkat GMC dimana GMC ini tujuannya adalah mencari mahasiswa Indonesia yang memenuhi kriteria mereka dan kemudian mereka akan latih di Jepang dan nantinya mereka akan salurkan menjadi CEO atau top level management di banyak perusahaan Jepang.

Mereka ini memang sudah banyak bekerjasama dengan perusahaan Jepang. Dan kita juga sudah banyak datang ke banyak universitas di Indonesia. Yang di bawah ini waktu saya datang juga ke kampus saya dulu Universitas Indonesia Fakultas Ekonomi dimana disini kita berusaha membuat kerjasama dengan Fakultas Ekonomi UI mengenai hal ini.

chikaoka-di-feuiKemudian setelah beberapa saat kita mengadakan audisi untuk mahasiswa, akhirnya ada tiga yang terpilih, dan ini foto saya bersama dua mahasiswa yang mereka akhirnya mendapatkan beasiswa full ke Jepang. Ini kita foto di pabrik di Numatsu Jepang, yang bernama Ohmura Sogyo.

mahasiswa-gmc

Kita disini juga melihat pabrik Ohmura Sogya yang merupakan pabrik spare part untuk mobil Nissan, dan juga pabrik ini memproduksi pengepakan untuk banyak hal. Disini saya melihat lagi mengepak untuk spare part mobil, dan juga mereka mengepak untuk sebuah mesin.

di-ohmura-sogyo

Dan kemudian kita juga waktu di Jepang melihat-lihat pabrik dan juga konstruksi bangunan yang ada di Jepang, seperti apa mereka membangun rumah, berapa lama waktu yang mereka butuhkan dalam membangun sebuah rumah.

Ternyata mereka membangun rumah ngga sampai sebulan, dan yang mengerjakan rumah tersebut hanya satu orang. Tentunya didukung dengan peralatan yang canggih ya, sehingga kerja mereka pun menjadi sangat cepat sekali.

konstruksi-jepangDan terakhir ini waktu saya berkunjung ke kuil Asakusa yang berada di Tokyo. Ternyata kuil Asakusa ini sangat terkenal ya? Sampai ada di filmnya Rurouni Kenshin yang judulnya Kyoto Inferno. Wah saat saya kesana malah saya ngga sadar dan ngga tahu sama sekali kalau kuil Asakusa termasuk salah satu yang sangat terkenal.

Ini foto saya bersama Kondo Noriaki di depan pintu masuk menuju ke kuil Asakusanya.

kondoSaya berada di Jepang selama 5 hari meninjau mahasiswa GMC tersebut disana. Dan saya sangat belajar banyak sekali darisitu. Sekian sharing dari saya mengenai belajar dari orang Jepang, sampai ketemu lagi dan salam wangi..

Parfum Federico Mahora

 

 

Leave a Reply

